PEMBAHASAN BANTUAN PROVINSI (BANPROV) TAHUN 2020

Written by Super Admin Read 10 times Published in Berita

 

 

 

 

 

Pada Hari jum'at, 21 Februari 2020 bertempat di Aula Wiratanuningrat BAPPEDA Kabupaten Tasikmalaya Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Drs. Rudi Sonjaya Saehuri, M. Pd mengikuti pembahasan bantuan provinsi (Banprov) Tahun 2020 yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tasikmalaya, DR. H. Muhamad Zen, M.Pd. Hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala BAPPEDA Kabupaten Tasikmalaya, DR. H. Iwan Saputra, M.Si, Kepala Dinas Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Drs. H. Gojali, Direktur RSMC Kabupaten Tasikmalaya dr. Iman , dan perwakilan SKPD dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Tasikmalaya. Ditegaskan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tasikmalaya, DR. H. Muhamad Zen, M.Pd. dalam melaksanakan suatu kegiatan hendaknya dapat dirunut secara utuh dengan mempertimbangkan kesesuaian prioritas program kegiatan yang berkontribusi untuk SAKIP Pemda Kabupaten Tasikmalaya.

 

Pada Hari Senin, 13 Januari 2019 Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tasikmalaya telah melakukan sosialisasi E Kinerja dan E Absensi yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada semua pegawai di Dinas Komuniikasi dan Informatika yang mulai hari ini akan diterapkan. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pegawai dan dipimpin langsung oleh Drs. Rudi Sonjaya Saehuri, M. Pd selaku Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tasikmalaya menyapaikan beberapa arahan antara lain:

  1. Penerapan E Kinerja dan E Absensi di Dinas Komunikasi dan Informatika membutuhkan dukungan seluruh pegawai. Sebelum nantinya aplikasi ini akan digunakan oleh seluruh OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya.
  2. Untuk bisa diantisipasi segala tantangan dalam implementasi E Kinerja dan E Absensi
  3. Aplikasi untuk segera diselesaikan dan diserahkan kepada Badan Kepegawaian dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kabupaten Tasikmalaya

Penerapan E Kinerja dan E Absensi di Dinas Komunikasi dan Informatika merupakan tindak lanjut dari Peraturan Bupati Nomor 57 tahun 2019. Didalam peraturan bupati ini terdapat 2 komponen penilaian yaitu dari Disiplin sebesar 40% dan Kinerja 60%. Peraturan Bupati ini juga menjadi dasar pemotongan TPP dengan rincian tidak melaksanakan apel 2%, terlambat 3%, pulang cepat 3%, meniggalkam tugas 3%, tidak membuat buku harian 3%, tidak ada keterangan 5%. 

 

 

 

 

 

 

 

 

Evaluasi Pelaksanaan E Kinerja dan E Absensi di Dinas Komunikasi dan Informatika serta pembahasan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) pada hari Senin, 20 Januari 2020 dipimpin langsung oleh Kepada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tasikmalaya Bapak Drs. Rudi Sonjaya Saehuri, M. Pd yang dihadiri oleh seluruh pegawai.
Evaluasi pelaksanaan E Kinerja dan E Absensi di Dinas Komunikasi dan Informatika yang telah berjalan kurang lebih satu minggu bertujuan untuk melihat tingkat efektivitas serta kendala atau hambatan dalam implemensi Sistem E Kinerja dan E Absensi. Data hasil rekapitulasi melalui sistem E Kinerja dan E Absensi menunjukan adanya kenaikan presentasi tingkat kehadiran pegawai di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tasikmalaya. Pembahasan draft Peraturan Bupati tentang Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) Oleh Kasi Aplikasi dan Database oleh Eka Prasetya Esabara, S. STP., M. Si menyampaikan beberapa hal antara lain : Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik yang selanjutnya disingkat SPBE adalah penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada Pengguna SPBE. Unsur-unsur SPBE sebagaimana dimaksud pada ayat meliputi:

  a. Rencana Induk SPBE Nasional;

  b. Arsitektur SPBE;

  c. Peta Rencana SPBE;

  d. Rencana dan anggaran SPBE;

  e. Proses Bisnis;

  f. data dan informasi;

  g. Infrastruktur SPBE;

  h. Aplikasi SPBE;

  i. Keamanan SPBE; dan

  j. Layanan SPBE.

Kegitan tersebut ditutup dengan arahan dari Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika bahwa Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik merupakan tantangan yang bukan hanya ada di Bidang Telematika dan Persandian melainkan kita semua juga harus berperan aktif untuk mewujudkannya.

 

 

 

Pada Hari Rabu, 20 November 2019 Komisi 3 DPRD Kabupaten Tasikmalaya melakukan kunjungan kerja ke Dinas Komunikasi Kabupaten Tasikmalaya. Kunjungan kerja Komisi 3 DPRD Kabupaten Tasikmalaya diterima langsung oleh Ibu Hj. Nia Kurniati, SH., M. Si., selaku Kepala Dinas beserta Kepala Bidang Telematika dan Persandian, Kepala Bidang Diseminasi Informasi dan Statistika, Kasi, dan juga Kasubag. Kunjungan kerja DPRD Kabupaten Tasikmalaya bertujuan untuk mengetahui sejauh mana serapan anggaran Jumlah Anggaran Dinas Komunikasi dan Informatika bersumber dari APBD Tahun 2019, untuk mencapai target IKU dan melaksanakan  Program Prioritas Penyelenggaraan Pemerintahan Berbasis Teknologi Informasi sebesar Rp. 4.238.075.000  dan pada APBD Perubahan Tahun 2019 menjadi  Rp.4.949.875.000,- dengan Realisasi Keuangan sampai bulan Oktober 2019  yaitu Rp. 3.405.536.350 (68,8%) dan Realisasi Fisik 80,31% dan sisa anggaran Rp. 1.544.338.650,-.

Selain itu DPRD Kabupaten memberikan beberapa saran untuk peningkatan kinerja Dinas Komunikasi dan Informatika salah satunya dengan lebih memperhatikan Website tasikmalayakab.go.id agar tampilannya lebih menarik lagi. 

 

 

APEL PAGI DI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN TASIKMALYA

Written by Super Admin Read 51 times Published in Berita

 

 

 

 

 

 

 Pada Hari Kamis, 16 Januari 2019 telah dilaksanakan apel pagi di lingkungan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tasikmalaya yang diikuti oleh semua pegawai. Apel pagi dipimpin oleh Drs. Rudi Sonjaya Saehuri, M. Pd selaku Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tasikmalaya menyapaikan beberapa arahan antara lain : Pelaksanaan Workshop Penerapan Penandatanganan Elektronik (E-Sign) pada Sistem Aplikasi Spekta yang bekerjasama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) bertemempat di Aula Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) hal ini merupakan fasilitasi Dinas Komunikasi dan Informatika untuk melakukan integrasi sertifikasi elektronik dan tandatangan elektronik pada aplikasi spekta (Sistem perizinan Elektronik Kabupaten Tasikmalaya). Untuk regulasi tentang SPBE segera diselesaikan karena itu menjadi dasar hukum dalam pelaksanaan kegiatan yang berkaitan SPBE. Mari kita melangkah bersama dalam membangun Dinas Komunikasi dan Informatika untuk yang lebih baik.

 

 

 

DISKOMINFO KABUPATEN TASIKMALAYA ADAKAN PELATIHAN APLIKASI SAPA WARGA

Written by Super Admin Read 222 times Published in Berita

DISKOMINFO, SINGAPARNA - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kab. Tasikmalaya melalui Seksi Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE), Aplikasi dan Database mengadakan pelatihan Aplikasi Sapa Warga, bertempat di Ruang Rapat Diskominfo Kab. Tasikmalaya, Rabu (14/08/19). 

 

Pelatihan dibuka Kepala Diskominfo Kab. Tasikmalaya Hj. Nia Kurniati, SH., M.Si.  Turut hadir perwakilan Diskominfo Provinsi Jawa Barat dan perwakilan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Perlindungan Anak Dan Keluarga Berencana (DPMDPAKB) Kab. Tasikmalaya. 

 

Dalam sambutannya Nia mengatakan aplikasi Sapa Warga memudahkan warga dalam menyampaikan aspirasi kepada Pemerintah Provinsi. “Sapa Warga merupakan program pemberian fasilitas tablet dan platform aplikasi yang menjembatani komunikasi antara Gubernur kepada warga sehingga memudahkan warga dalam menyampaikan aspirasi kepada Pemerintah Provinsi,” tuturnya.

 

Pembicara pada pelatihan ini Kepala Seksi LPSE, Aplikasi dan Database Eka Prasetya Esabara, S.STP, M.Si, sementara peserta pelatihan adalah perwakilan dari tiap kecamatan di wilayah Kab. Tasikmalaya.

 

Eka menjelaskan pembagian jadwal pelatihan bagi Desa dan RW yang akan dilaksanakan dari tanggal 19 sampai dengan 29 Agustus 2019 dan cara penggunaan aplikasi Sapa Warga melalui aplikasi website dan aplikasi android.