DISKOMINFO KAB. TASIKMALAYA SELENGGARAKAN SOSIALISASI LAPOR! SP4N UNTUK KECAMATAN DI WILAYAH KAB. TASIKMALAYA

Written by Super Admin Wednesday, 19 June 2019 15:03

 

Pemerintah Daerah Kabupaten Tasikmalaya melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menyelenggarakan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) LAPOR! (Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat) SP4N (Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional) di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Tasikmalaya yang diadakan di War Room Diskominfo Kab. Tasikmalaya, Selasa (18/06/2019). Sosialisasi ini dibuka oleh Kepala Seksi Statistik, Dokumentasi, dan Publikasi Diskominfo Kab. Tasikmalaya Nidar Nadrotan Naim Sujana, ST., MT. Kegiatan dilanjutkan dengan presentasi dan sesi FGD (Focus Group Discussion) yang dipandu oleh Analis Data dan Informasi Diskominfo Kab. Tasikmalaya Asep Kurniawan, S.T dan dan Gita Hernawati, S.Si. Kegiatan sosialisasi LAPOR! SP4N ini dihadiri oleh perwakilan masing-masing kecamatan yang ada di wilayah Kab. Tasikmalaya.

 

Dasar pelaksanaan SP4N LAPOR adalah Permenpan RB No. 62 Tahun 2018 mengenai Pedoman Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional dan Peraturan Presiden No. 95 Tahun 2018 tentang Aplikasi Pengaduan Nasional adalah LAPOR!. Pengelolaan pengaduan penting  untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat karena tugas pemerintah adalah sebagai penyelenggara pelayanan publik, sebagai sarana perbaikan pelayanan publik, dan untuk terbangunnya sistem pelayanan publik yang transparan, partisipatif dan akuntabel.

 

Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) merupakan sistem yang terintegrasi dalam pengelolaan pengaduan secara berjenjang pada setiap penyelenggara dalam kerangka sistem informasi pelayanan publik. SP4N dibentuk untuk mendorong “no wrong door policy” sehingga penyelenggara dapat mengelola pengaduan secara sederhana, cepat, tepat, tuntas dan terkoordinasi. Kemudian dengan diberlakukannya SP4N tersebut, penyelenggara memberikan akses untuk partisipasi masyarakat dan meningkatkan kualitas pelayanan publik.

 

Beberapa dampak dari diimplementasikannya SP4N diantaranya, semakin mudah masyarakat mengirimkan pengaduan, menjadikan pengelolaan pengaduan masyarakat sebagai ukuran kinerja, dan menciptakan pemerintahan yag responsif dan memanfaatkan data pengaduan sebagai salah satu input dalam pengambilan kebijakan.

 

Sementara itu, Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) adalah aplikasi media sosial pertama di Indonesia yang melibatkan partisipasi publik dan bersifat dua arah, sehingga dalam aplikasi ini masyarakat dapat berinteraksi dengan pemerintah secara interaktif dengan prinsip mudah dan terpadu untuk pengawasan pembangunan dan pelayanan publik.